"Menyontek" darimana sih itu? itu dari kata "sontek" yang artinya mengecoh dengan sentuhan ringan, oke bukan ini yang bakal gua bahas. Bagi sebagian besar pelajar Indonesia, nyontek itu udah kayak soulmate gitu.
Sebenernya nyontek ini bagus apa engga sih? kalo pertanyaan ini ditanyain ke anak sekolah mereka pasti tau itu ga bagus tapi mereka tetep nikmatin karena mereka punya alasan :"supaya nilainya bagus"
alesannya logis banget kan?

Menjadikan suatu hal supaya jadi budaya tuh bukan hal yang gampang, contohnya aja dari dulu kita disuruh membudayakan buang sampah pada tempatnya, apakah itu sekarang jadi suatu budaya? gua rasa jawabannya engga. So, kenapa nyontek bisa jadi budaya di Indonesia?

Mungkin salah satunya karena dari kecil atau mungkin dari awal pendidikan kita, kita diajarin untuk menikmati hasil."Nak liat orang itu mobilnya bagus, makanya kamu nilainya harus bagus disekolah, biar nanti kerjanya bagus trus kamu sukses"

Ini gabisa disalahin sepenuhnya sih, karena emang semua orang tua pengen anaknya sukses. Trus siapa yang salah? Orang tua? Guru? Siswa? Atau sistem?

Gua sebenernya gapengen nyalahin siapa siapa, tapi menurut gua sistem pendidikan disini berperan besar, karena sistem pendidikan di Indonesia seakan mengukur semua dari nilai, apa ini salah? mungkin.

Gua sebagai siswa SMA ngerasa banyak siswa yang nyontek tuh emang udah dari dulu gitu, jadi mereka nganggepnya bukan suatu kesalahan lagi, karena nyontek mereka jadi merasa aman, males mikir, ga pede sama dirinya sendiri, dan itu semua bikin mereka tambah semangat buat nyontek. Ketika mereka ga masuk kelas pun, mereka lebih takut ga diabsen atau ga dapet nilai, dibanding mereka ga dapet ilmu atau ketinggalan belajar. Dan semua hal itu udah menjadi budaya.

Jadi gimana cara ngerubah ini semua? Gaakan semudah gua nulis tulisan ini sih yang pasti, karena semua perubahan sistem pasti ada pro dan kontranya.

Tapi apa yang bisa kita lakukan sebagai pelajar? Kita bisa coba dengan lebih nikmatin proses belajar dari pada hasil belajarnya itu, karena hasil yang baik belom tentu dari proses yang baik, tapi proses yang baik pasti bakal menghasilkan hasil yang baik meskipun kadang hasilnya ga langsung keliatan.




Submit a comment